Manfaat Daun Cakra-Cikri


Manfaat Daun Cakra-Cikri


Cakra-Cikri adalah nama sayuran yang mungkin cukup asing, karena penyebutannya beragam. Ada yang menyebutnya sebagai Daun Berlangkas, Kedondong, bahkan Daun Kedondong laut. Mungkin karena bentuk daunnya mirip dengan buah kapidondong alias kedondong.


 
Nama latin dari Cakra-Cikri yaitu: Polyscias Fruticosa. Tanaman ini memiliki bau yang cukup menyengat. Daunnya beragam bentuknya. Spesies Polyscias yang terkenal antara lain daun mangkokan. Nah, kalau yang sering dijadikan sayur, untuk direbus jadi pecel atau urab, biasanya jenis yang daun kecil-kecil runcing. Daun mudanya yang dipakai.
Cakra-Cikri dianggap dapat membangkitkan nafsu makan karena citarasanya yang segar. Memakannya dengan lalapan sambal dirasa paling pas. Benar-benar dapat menjadi teman makan nasi yang enak. Selain harganya yang murah, daun ini juga cukup mudah ditemukan di pelataran rumah warga pedesaan. Meski sudah semakin langka saja.
Manfaat Cakra-Cikri untuk kesehatan antara lain dapat meningkatkan fungsi paru-paru. Sehingga paru-paru dapat mengolah oksigen dengan baik untuk disalurkan ke jantung dan seluruh tubuh. Kandungan zat besi yang tinggi pada sayuran ini juga diyakini dapat menambah jumlah sel darah merah dan HB sehingga dapat melakukan proses metabolisme oksigen dengan baik. Untuk khasiat sayur Cakra-Cikri yang lainnya, silahkan simak penjelasannya di bawah ini:
1. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Jika anda sedang mengalami daya tahan tubuh yang buruk, sebaiknya anda segera mengonsumsi banyak sayuran dan buah karena keduanya begitu baik untuk mengembalikan stamina. Anda yang sedang berjuang melawan penyakit kronis maupun akut yang bahaya, sebaiknya mulai melirik manfaat cakra-cikri ini untuk kesehatan.
2. Menghilangkan Selulit
Selulit adalah lemak yang menggumpal hingga menimbulkan kerutan dan garis di dekat permukaan kulit. Karena selulit begitu mengganggu bagi banyak orang, terutama kalangan perempuan, pastilah bisa menyebabkan seseorang jadi kurang percaya diri. Maka dari itu, sebaiknya, anda segera hilangkan selulit dengan sayuran ini.
3. Melancarkan Peredaran Darah
Peredaran darah yang lancar menjadi kunci utama dari kesehatan tubuh. Bila anda ingin memiliki peredaran darah yang lancar, tak ada salahnya untuk mencoba khasiat dari cakra-cikri ini yang begitu ampuh karena pembuluh darah anda bakal terbebas dari segala macam penyumbat yang menyebabkan darah tidak lancar.
4. Menurunkan Kolesterol
Kolesterol dianggap biang keladi dari penyakit jantung dan stroke. Memang benar demikian. Apalagi bila seseorang senang makan makanan yang sifatnya junk food atau makanan sampah. Pastilah kolesterol bakal menumpuk di tubuh. Nah, segeralah luruhkan kolesterol anda dengan khasiat sayuran cakra-cikri ini.
5. Meningkatkan HB
HB adalah Hemoglobin. Fungsinya untuk mengikat oksigen dalam proses metabolisme energi. Kekurangan HB bisa membuat tubuh anda jadi pucat dan lemas. Penyakit kekurangan HB sering dijuluki sebagai anemia, meski tidak semua anemia disebabkan karena kekurangan HB. Nah, supaya HB anda normal lagi, segera saja konsumsi sayur cakra-cikri ini. Yang amat ampuh.

6. Membuat Tubuh Jadi Langsing

Ingin punya tubuh yang langsing? Segera saja konsumsi sayuran kerabat daun mangkokan ini. Karena terbukti membuat pencernaan jadi lancar dan bisa meluruhkan lemak jahat di tubuh anda. Sehingga tubuh ideal impian anda bakal tercapai.

7. Menyegarkan Kulit

Kulit segar bisa dicapai dengan konsumsi sayuran yang mengandung vitamin C yang tinggi. Seperti sayuran cakra-cikri ini juga melimpah dengan vitamin C.

8. Mengatur Keseimbangan Cairan

Manfaat cakra-cikri mengandung vitamin B yang selama ini dikenal sebagai vitamin untuk mengatur kadar cairan dalam tubuh, sehingga selalu seimbang dan stabil.

9. Mencegah Pembengkakan

Pembengkakan di tubuh bisa disebabkan karena tubuh kekurangan vitamin B kompleks. Nah, cakra-cikri juga menjadi sumber vitamin B kompleks ini.

10. Menyehatkan Jantung

Lemak HDL yang terkandung dalam cakra-cikri begitu baik untuk menyehatkan jantung anda. Sehingga tidak rentan terkena serangan jantung dan jantung koroner.
Baca juga artikel tentang Manfaat Kangkung dan artikel kesehatan lainya di Cyber sehat

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Khasiat Biji Mahoni

Manfaat Lidah Buaya